Konser Dangdut Ramaikan Festival Crossborder Badau  

Konser dangdut meramaikan Festival Wonderful Indonesia di perbatasan (crossborder) atau tepatnya di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Barat. Konser yang dihadiri oleh penyanyi dangdut tanah air seperti Iis Dahlia, Wulan Alora KDI dan beberapa band lokal ini digelar pada 4-5 Mei 2019.

Beberapa tujuan dari Festival Crossborder Bangau adalah sebagai berikut:

  1. Menggali Potensi Daerah Setempat

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai daerah perbatasan ini membutuhkan hiburan yang meriah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang khususnya wisatawan dari Malaysia. Arief juga mengatakan bahwa acara ini juga dilakukan demi menggali potensi yang dimiliki Kabupaten Kapuas, Kalimantan Barat, semakin tereksplorasi dengan maksimal untuk pariwisata.

  1. Menarik Minat Wisman

Rizki Handayani selaku Deputi Bidang Pemasaran I menyebut bahwa misi penyelenggaraan acara ini merupakan upaya pencapaian target 30 persen wisman dari perbatasan. Apalagi, border Nanga Badau yang berbatasan darat dengan Malaysia memiliki potensi untuk menjadi salah satu penyumbang besar masuknya wisman dari 19 pintu masuk wisatawan ke Indonesia.

  1. Meningkatkan Perekonomian

Selain untuk mendatangkan wisman, acara ini juga diharapkan mampu menghidupkan perekonomian sekitar. Hal ini dapat dilihat dari luar area konser yang dipenuhi pedagang di kanan kiri jalan sepanjang satu kilometer. Pedagang menawarkan berbagai macam kerajinan, kuliner dan lain sebagainya kepada para pengunjung. Meski digelar di daerah perbatasan, tetapi festival ini didukung oleh aksesbilitas dan amenitas yang memadai. Sehingga, para wisatawan asing maupun daerah sekitar seperti beberapa provinsi di Kalimantan dapat menikmati acara dengan nyaman.

 

Festival yang digela dengan mengusung konsep crossborder tourism terbukti mampu menarik minat banyak pengunjung. Berbagai penampilan mulai dari penyanyi nasional, band lokal, tarian dan kesenian khas Kalbar berlangsung sangat meriah, terutama musik dangdut yang juga sangat populer di Malaysia. Apalagi, bintang tamu yang dihadirkan adalah pedangdut senior tanah air yang juga memiliki banyak penggemar di Malaysia. Selain menyasar wisatawan dari Malaysia, Festival Crossborder Badau 2019 juga turut diramaikan oleh wisman dari Singapura, Brunei Darussalam dan eks Patriat. Buat kamu yang ingin bergabung dengan Kinnser yang merupakan software kesehatan rumah, silakan klik Kinnser Login untuk masuk ke situs webnya.